Pagi ini saya mengajak Jupi ke salon steam motor. Harapan saya begitu sampai agar Jupi bisa segera ditangani, namun apa daya saya mendapat urutan ketiga dan harus mengantri. Hari ini operator steam cuci hanya dua orang, dan selain tiga motor yang masih mengantri untuk dicuci, mereka sedang mengerjakan motor yang sudah datang duluan. Bila satu orang operator membutuhkan waktu 25 menit untuk mencuci motor, berarti saya masih harus mengantri selama kurang lebih satu jam untuk mendapatkan pelayanan.
Selang beberapa menit kemudian lima buah motor datang untuk mencuci tunggangan mereka. Melihat deretan antrian yang makin berlimpah, wajah kedua operator tadi mulai semakin gundah. "Bos masih lama lho nunggunya" Sahut Joni (bukan nama sesungguhnya. Joni dikenal cepat dalam bekerja, jika normalnya waktu mencuci membutuhkan 25 menit, joni memangkasnya hanya dalam 15 menit. Ia selalu memuaskan pelanggan dengan cara kerja cepat, dengan harapan pelanggan lain bisa segera pulang cepat.
Kembali tamu yang ingin mencuci motor datang. "Bos masih lama lho nunggunya" kali ini Jono (bukan nama sesungguhnya) yang menyambut. Melihat antrian yang masih banyak, tamu tersebutpun mengurungkan niat. Berbeda dengan Joni, Jono mencuci lebih lama, ini karena Jono telaten membersihkan tiap sela motor dengan seksama. Karena ritme kerjanya tersebut mengakibatkan Jono membutuhkan waktu lebih lama, untuk satu buah motor membutuhkan hingga 35 menit lamanya.
Dua operator tadi memiliki orientasi pelayanan dan fokus kepuasan pelanggan yang berbeda. Joni ingin melayani dengan cepat, sehingga pelanggan yang lain tidak tersiksa karena menunggu lama. Semakin cepat dia bekerja, semakin banyak pelanggan segera pulang ke rumah. Cepat dan puas, Joni berorientasi pada kuantitas.
Jono menghendaki motor yang ia kerjakan bersih tanpa menyisakan kotoran, ia menikmati pekerjaan tanpa diburu-buru setoran. Semakin bersih dia bekerja, semakin banyak pelanggan yang setia. Bersih dan puas, Jono berorientasi pada kualitas.
Mana yang lebih baik? Jono atau Joni? Benar, Apapun jawaban anda, yang pasti kedua-duanya sama baiknya. Baik Jono maupun Joni sesungguhnya berfokus pada perusahaan dan pelanggan. Kedua-duanya menguntungkan perusahaan dengan apa yang mereka kerjakan. Kedua-duanya memberikan kepuasan dengan apa yang mereka lakukan: membersihkan kotoran.
Dari apa yang mereka kerjakan, pulang ke rumah saya mendapat sebuah pelajaran: bukan masalah cepat atau lambat, yang terpenting engkau melayani dengan tepat.
- aeplopyu [I love U] -
Dari apa yang mereka kerjakan, pulang ke rumah saya mendapat sebuah pelajaran: bukan masalah cepat atau lambat, yang terpenting engkau melayani dengan tepat.
- aeplopyu [I love U] -
2 komentar:
manatp tulisannya Pak.
terima kasih aduhai pahlawanku. Lebih mantap perjuangan Guruku Pahlawanku karena terus menginspirasi bangsa ini :)
Mari Hidup berbagi, Berbagi hidup
Posting Komentar